FAKTA DAN TIPS WIFI / ROUTER

FAKTA DAN TIPS WIFI / ROUTER


Sebagai masyarakat urban, keberadaan WiFi di rumah atau kantor begitu sangat penting untuk mempermudah berbagai aktivitas serta kegiatan setiap orang.

Seperti yang kita tahu bahwa, keberadaan WiFi membuat banyak orang bisa terkoneksi internet secara bersamaan dengan mudah. Namun di balik kepopuleran WiFi, ternyata masih banyak lho fakta tentang WiFi yang jarang diketahui banyak orang. Kira-kira apa saja fakta menariknya?


1. Sinyal WiFi bisa mendeteksi senjata atau bom

Fakta pertama ini masih jarang sekali diketahui banyak orang. Berdasarkan penelitian dari Rutgers University di New Brunswick, sinyal WiFi mampu digunakan untuk menembus tas dan memperkirakan berapa banyak volume cairan yang ada di dalam tas tersebut.

Dengan teknologi sinyal WiFi, nantinya sinyal dapat digunakan sebagai alat keamanan yang lebih murah dan mudah untuk digunakan.


2. Gelombang sinyal WiFi seindah pelangi

Dahulu banyak orang yang penasaran seperti apa bentuk gelombang WiFi, namun sekarang berkat projek yang dilakukan oleh Luis Hernan sekarang banyak orang bisa melihat seperti apa bentuk gelombang WiFi.

Projek yang bertajuk Light Painting WiFi, akhirnya berhasil menangkap jepretan gelombang sinyal WiFi yang tampak seperti warna pelangi yang berwarna-warni.


3. Korea Selatan menjadi negara terbanyak pengguna WiFi di dunia

Pada tahun 2017 lalu, Korea Selatan menjadi negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia dengan total 80,3% pengguna WiFi. Ini dirasa tidak heran, karena industri musik dan perfilman di Korea Selatan sedang berada pada masa punjak kejayaan.


4. WiFi pertama kali digunakan secara komersial pada tahun 1999

Sebuah perusahaan firma konsultasi merek bernama Interbrand Corporation, menjadi perusahaan pertama yang menggunakan WiFi secara komersial pada tahun 1999.


5. WiFi ditemukan oleh artis cantik

Bernama Hedy Lamarr, seorang artis cantik yang berasal dari Amerika Serikat ini sangat berjasa dalam penemuan WiFi. Tak hanya sebagai aktris, Hedy juga dikenal sebagai seorang matematikawan.

Jadi tak hanya sering menggunakan dan menikmati kemudahan dengan adanya kehadiran WiFi, tapi sekarang kamu juga sudah tahu fakta menarik lainnya tentang WiFi.

Selain di kantor atau rumah kamu juga bisa menikmati fasilitas internet gratis di berbagai area publik


Tips Memilih Posisi Terbaik Meletakkan Router WiFi di Rumah


Memiliki fasilitas internet di rumah memang membuat kamu merasa lebih nyaman saat ingin berselancar di dunia maya, namun tak jarang kecepatan internet milikmu terasa sangat lambat, padahal kuota internetnya masih banyak.

Selain masalah cuaca dan menyalahkan pihak ISP, ada baiknya kamu bisa melakukan cek apakah sudah meletakkan router WiFi dengan tepat. Untuk itu, berikut posisi terbaik untuk kamu meletakkan router WiFi di rumah agar sinyal internet yang dihasilkan lebih stabil.


1. Tempatkan di posisi tengah ruangan
Meletakkan router WiFi di posisi tidak di tengah akan membuat sinyal terpancar ke segala arah. Sehingga untuk mengoptimalkan sinyal letakkanlah router WiFi di ruang tengah.


2. Letakkan router WiFi di atas
Biasanya kamu memilih meja untuk meletakkan router WiFi, sekarang cobalah untuk meletakkannya di atas rak buku. Memilih tempat yang lebih tinggi akan membuat sinyal terpancar lebih optimal.


3. Jangan letakkan router di ruang yang padat
Jika di ruangan tamu keluarga sering dipenuhi banyak orang, segera pindahkan router WiFi kamu di tempat yang lebih sedikit orangnya. Kamu bisa memilih ruang tamu atau ruang lain yang lebih sedikit jangkauan orangnya.


4. Posisikan antena router ke arah tegak lurus
Posisi antena sangat berpengaruh terhadap kualitas jaringan internet yang dihasilkan. Sehingga mulailah memposisikan antena dengan tagak lurus satu sama lain, bisa horizontal atau vertikal. Ini dilakukan agar sinyal bisa sampai ke berbagai sudut ruangan.

Jika kamu merasa belum meletakkan router WiFi dengan posisi di atas, cobalah untuk dilakukan. Bisa jadi kualitas sinyal internet di rumah kamu lama karena masalah penempatan yang tidak tepat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter