APA BENAR ORANG YANG PERNAH SELINGKUH AKAN MELAKUKANYA LAGI ?

APA BENAR ORANG YANG PERNAH SELINGKUH AKAN MELAKUKANYA LAGI ?



Ada pepatah mengatakan, “sekali penipu tetap penipu”. Petuah ini dirasa tepat untuk menggambarkan orang yang kerap berselingkuh. Bukan tanpa alasan, ternyata orang yang pernah berselingkuh kemungkinan besar akan melakukan perselingkuhan lagi pada waktu dan kesempatan yang berbeda. Benarkah?

Perselingkuhan menjadi masalah serius bagi pasangan yang tengah menjalani sebuah hubungan. Kabar buruknya, perilaku selingkuh bisa menyebabkan ketagihan. American Psychological melakukan penelitian terhadap 484 orang berusia 18-35 tahun yang menjalin hubungan selama lima tahun dan menemukan bahwa 30 persen subjek mengaku, mereka pernah berselingkuh. Bahkan lebih dari setengahnya menyatakan bahwa mereka berselingkuh kembali dalam hubungan berikutnya.

Hal ini dibenarkan oleh konselor dan terapis di Biro Konsultasi Westaria, Anggia Chrisanti. Ia menerangkan bahwa perilaku selingkuh terkait dengan persepsi individu terhadap pengalaman berselingkuh itu sendiri. Jika seseorang memiliki pengalaman berselingkuh yang menyenangkan maka timbullah persepsi bahwa selingkuh itu menyenangkan. Jika sudah demikian maka bukan tidak mungkin orang tersebut akan melakukan perselingkuhan lagi.
.
“Jika seseorang memiliki pengalaman berselingkuh yang menyenangkan dan dianggapnya sebagai jalan keluar dari kejenuhan dan masalahnya di dalam hubungan resmi, maka dia akan mengulangi perilaku itu lagi. Terlepas dari apakah itu tindakan yang benar atau tidak, persepsi yang berasal dari pengalaman seseorang sebelumnya turut memengaruhi perilaku (selingkuh) seseorang,” terang Anggia.

Selanjutnya, Anggia mengemukakan bahwa pengalaman positif dari berselingkuh tidak hanya memunculkan persepsi tetapi juga memunculkan hormon dopamin di dalam otak. “Ketika seseorang merasa bahagia, relaks, nyaman saat berselingkuh maka hormon dopamin atau hormon yang menyebabkan sifat kecanduan juga keluar di dalam otak,” ungkapnya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter