Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi



Tekanan darah tinggi atau yang juga biasa disebut dengan hipertensi adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang banyak orang dan cukup terkenal dialami oleh kaum lansia. Penyakit ini pada umumnya tidak tidak memiliki gejala atau tanda yang timbul, dan inilah letak berbahaya dari penyakit tekanan darah tinggi.

Tekanan darah sendiri didefiniskan sebagai tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri darah pada saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan tekanan darah tinggi merujuk pada tekanan yang ada di dalam arteri lebih tinggi daripada yang seharusnya.

Umumnya, tekanan darah yang normal adalah tekanan darah yang kurang dari 120/80 mm Hg. Tekanan darah dapat dikategorikan tinggi apabila tekanannya melebihi 130 sistolik atau melebihi 80 diastolik (130/80 mm Hg).

Namun, tentu saja tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan berbagai cara agar tekanan darah bisa menjadi normal kembali. Dikutip dari Healthline, berikut cara-cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi :


Kurangi konsumsi makanan olahan
Sebagian besar garam tambahan di dalam makanan berasal dari makanan olahan dan makanan yang berasal dari restoran. Makanan berkadar garam tinggi yang terkenal di antaranya ialah daging deli, sup kaleng, pizza, keripik, serta makanan ringan olahan yang lainnya.

Kurangi berat badan jika memiliki berat badan yang lebih
Dengan mengurangi atau bahkan berhenti mengonsumsi makanan olahan akan dapat membantu Anda mengonsumsi garam dan gula yang lebih sedikit, serta juga lebih sedikit karbohidrat olahan.
Kurangi berat badan jika memiliki berat badan yang lebih

Bila Anda memiliki berat badan lebih, Anda dapat mengurangi berat badan sampai sekitar 2 sampai 4 kilogram. Hal ini saja dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, hal ini juga dapat membantu untuk mengurangi risiko terserang penyakit lain.


Berhenti merokok
Dengan berhenti merokok, secara keseluruhan baik untuk semua kesehatan tubuh. Merokok dapat menyebabkan peningkatan sementara yang langsung pada tekanan darah dan peningkatan pada detak jantung Anda.

Bahan kimia yang terdapat di dalam tembakau dapat memengaruhi pembuluh darah seseorang bahkan jikalau orang tersebut hanyalah sebatas perokok pasif.

Komsumsi Coklat Hitam
Cokelat hitam dilaporkan mampu untuk membantu mengurangi tekanan darah yang tinggi. Tetapi, tidak semua cokelat hitam dapat dikonsumsi dalam hal ini. Cokelat hitam yang dikonsumsi harus mengandung kisaran 60 sampai dengan 70 persen kakao.

Memakan satu sampai dua balok cokelat hitam per hari dapat membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung dengan mengurangi tekanan darah tinggi dan inflamasi. Flavonoid yang terdapat di dalam kokoa cokelat hitam membantu melebarkan pembuluh darah.



Demikian cara praktis yang dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sebaiknya harus dihindari segera mungkin.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter